cara menanam cabai dirumah sendiri menggunakan polybag

cara menanam cabai dirumah sendiri menggunakan polybag
cara menanam cabai dirumah sendiri menggunakan polybag

cabai tergolong buah dan sayuran yang mana kegunaannya dapat kita gunakan salah satunya yaitu dengan menjadikan sikecil tapi pedas ini menjadi sambal , teman makan kita sehari - hari.
dan tidak sedikit orang yang menyukai cabai ini... katanya siiih kalau makan tidak pakai cabai atau sambal kurang mantap sobat... hahaha saya juga merasa kayak gitu juga... namun harga cabai dipasaran terbilang cukup mahal... dan terkadang harga jual cabai dipasaran tidak menent sobat... kadang naik dan kadang pula turun... dan untuk pencipta cabai ini saya sarankan untuk menanam cabai sendiri dirumah sobat... ya selain aman dan praktis histung - hitung kita juga lebih hemat kan...

menanam cabai bisa dikatakan mudah dan juga bisa dikatakan sulit, tergantung metode dan bagaimana menanggapinya.. ok lansung saja kita belajar bagaimana menanam cabai dirumah sendiri menggunakan pot.

1. persiapan bibit

kita bisa menemukan benih cabai di toko - toko pertanian terdekat. dan jangan lupa untuk memeilih cabai yang berkualitas baik dan sehat dari penyakit.

2. penyemaian benih

buatlah petakan tanah dan dan campur tanaha dengan kompos lalu aduk hingga rata, buatlah petakan tanah dengan ketebalan5 - 10 cm dan buatlah larikan pada petakan dengan jarak 10 cm.  masukkan biji cabe dengan kedalaman 7,5 cm lalu tutup dengan tanah dan jangan lupa untuk disiram. lalu tutup menggunakan karung goni basah hingga 4 hari dan jangan lupa tudungi petakan dengan plastik transparant agar tidak terkena panas yang berlebih. dan pada umur 3 - 4 minggu cabai siap dipindahkan.

3. persiapan media tanam

campurlah tanah dengan kompos dengan perbandingan  2:1 dan campurkan 3 sendok NPK dan masukkan kedalam polybag atau pot.

4. pemindahan bibit cabai

masukkan benih cabai dengan kedalam 5 - 7 cm lalu tutup dan saya sarankan unutk melakukan pemindahan pada pagi atau sore hari agar tanaman tidak mudah stress. dan jangan lupa untuk menyiram tanaman 3 kali sehari dan berilah pupuk tiap satu bulan sekali dan jauhkan dari gulma dan hama penyakit.


cukup mudah bukan sobat untuk menanam cabai dirumah sendiri. dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.... amiiiin

good luck

0 Response to "cara menanam cabai dirumah sendiri menggunakan polybag"

Post a Comment