tips menanam buah melon dengan mudah dalam pot

cara menanam buah melon dengan mudah dalam pot
cara menanam buah melon dengan mudah dalam pot

melon adalah tanaman buah yang cukup banyak untuk dibudidayakan dikalangan masyarakat ,,, daging buahnyayang manis dan segar menjadi buah yang banyak diminati di kalangan masyarakat. Buah melon termasuk tanaman labu-labuan yang biasanya dimakan segar dengan mengirisnya atau bisa kita buat sebagai es campur dll.

minat unutk menanam buah melon dengan mudah dirumah sendiri bukan... ayo kita belajar gimana menanam buah melon didalam pot tanpa susah-susah. ok perhatikan langkah berikut ini :

1. persiapan bibit 

persiapkan bibit buah melon yang berkualitas baik dan terhindar dari hama penyakit, kita bisa mendapatkan benih buah melon ditoko tanaman terdekat, lalu sebelum benih ditanam rendamlah terlebih dahulu benih dalam air yang sudah dicamour dengan fungisida selama 12 jam lalu tiriskan dan tempakan dalam tempat yang gelap, setelah benih tumbuh kecambah tempatkan benih dalam media semai dengan cara benih yang runcing menghadap kebawah.

2. persiapan media tanam

persiapkan media tanam yaitu campuran tanah pupuk kandang sekam dengan perbandingan 1:2:3 dan dicampur dengan furadan 5 gram, NPK 20 gram, dan humic acid 1 liter dan aduk hingga rata lalu masukkan kedalam pot.

3. penanaman buah melon ke media tanam

lakukan penanaman buah melon disore hari dan siram terlebih dahulu media tanam dan masukkan benih ke media tanam... penanaman bisa kita lakukan setelah benih berumur 12 - 14 hari atau benih sudah berdaun 4 helai.

4. perawatan

  • lakukan pemasangan anjir atau media rambat pada tanaman buah melon dengan menancapkan sebilah bambu dengan panjang sekitar 1,5 meter
  • lakukan pemangkasan cabang pada buah yang ingin dibesarkan biasanya pemangkasan kita tujukan pada cabang 7 - 12 dan dipilih satu untuk dibesarkan lalu cabang lain kita lakukan pemangkasan
  • lakukan pemupukan susulan dengan penggunakan NPK 16:16:16 dan KNO3 dengan cara dicampur dengan air dan disiram kesekeliling tanaman.
  • lakukan pengendalian gulma dengan cara menjauhkan tanmana gulma dari tanaman buah melon
5. pemanenan

lakukan pemanenam tanaman yang ditandai dengan adanya retakan pada tangkai buah melon atau sudah berwarna kuning.

cukup mudah bukan menanam buah melon tersebut... semoga artikel ini dapat bermanfaat unutk kita semua

good luck



0 Response to "tips menanam buah melon dengan mudah dalam pot"

Post a Comment