tips menanam buah semangka yang baik dalam pot

tips menanam buah semangka yang baik dalam pot
tips menanam buah semangka yang baik dalam pot

semangka adalah tanaman yang merambat yang masih sekerabat dengan tanaman labu-labuan dan termasuk anggota suku timun-timunan. buah semangka biasanya dimakan segar secara langsung atau dibuat jus dan dibuat campuran es yang segar.

buah semangka termasuk golongan tanaman yang cukup mudah untuk kita budidayakan, gimana sobat tertarik untuk membudidayakan buah semangka ini... ayo teruskan membaca sobat.. adapun hal-hal yang kita lakukan dalam menanam buah semangka adalah:

1. persiapkan media tanam

persiapkan media tanam untuk buah semangka berupa campuran dari tanah gembur, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan sama satu sama lain, lalu masukkan kedalam pot dan biarkan selama seminggu.

2. persiapkan bibit buah semangka

pilihlah bibit semangka yang berkualitas baik dan berasal dari indukan buah semangka yang sudah tua dan berkualitas dan bentuk sempurna dan terhindar dari hama penyakit, lalu cucilah bersih benih buah semangka lalu angin-anginkan.

3. penanaman buah semangka

buatlah 3 lubang pada media tanam dan lubangi media tanam dengan kedalaman 6 cm lalu masukkan benih buah semangka tiap lubang satu bibit buah semangka dan tutup kembali lubang dengan media tanam. lalu siramlah selama masa pembenihan dan letakkan ditempet yang terkena sinar matahari. dan hindarkan dari aior hujan secara langsung. setelah pembenihan sudah baik dan tumbuh tunas kira-kira 10 cm maka batasi penyiraman karna penyiraman yang berlebih dapat mengakibatkan pembusukan.

4. perawatan

saat tanaman buah semangka berumur 2-3 minggu maka tanaman tersebut siap untuk kita pindahkan ke tempat yang lebih terbuka. dan jangan lupa untuk memberinya bambu untuk tempat merambat tanaman buah semangka ini. karna tanaman buah semangka ini termasuk tanaman merambat. dan lakukan penyiraman dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. dan lakukan pengendalian tanaman gulma disekitar tanaman buah semangka ini dimaksudkan agar tanaman gulma tersebut tidak mengganggu pertumbuhan dan proses produksi tanaman buah semangka tersebut. dan lakukan pemupukan ulang bila perlu dan gemburkan tanah. apabila bakal buah semangka sudah mulai tumbuh maka kurangilah penyiraman agar tidak terlalu basah karna  dan jangan terlalu kering karna buah semangka termasuk tanaman yang suka kelembapan.

5. pemanenan

lakukan pemanenan pada buah semangka kira-kira berumur 2- 3 bulan dengan ditandai tangkai buah semangkai yang mengkeriput dan lakukan pemanenan dengan memotong tangkai buah semangka menggunakan guntung agar tidak merusak tanaman buah semangka

cukup mudah bukan sobat dalam menanam buah semangka tersebut... sekian dari saya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga berhasil


0 Response to "tips menanam buah semangka yang baik dalam pot"

Post a Comment