tips mudah menanam kunyit sendiri dalam pot

tips mudah menanam kunyit sendiri dalam pot
tips mudah menanam kunyit sendiri dalam pot

Kunyit adalah tanaman rempah - rempah yang bisa kita gunakan sebagai bumbu dapur dan obat - obatan. begitu banyak manfaat dari kunyit ini selain dibuat sebagai bumbu rempah - rempah kunyit juga bisa digunakan sebagai obat- obatan kesehatan dan kecantikan

disini kita akan belajar bagaimana tentang cara menanam kunyit dalam pot dengan mudah. adapun hal - hal yang harus diperhatikan dalam penanaman kunyit adalah :

  • penyiapan rimpang kunyit
  • penyiapan media tanam
  • penyemaian kunyit
  • perawatan tanaman
ok langsung kita ulas masing - masing dari tahapan diatas :

1. penyiapan rimpang kunyit

siapkan rimpang kunyit yang sudah berumur 7 - 12 bulan. lalu pecah rimpang kunyit tersebut dengan masing -  masing pecahan terdapat 1 - 3 mata tunas. lalu diamkan diruangan yang lembab dan siram sekitar 2 hari sekali sampai tunas kunyit tersebut tumbuh.

2. penyiapan media tanam

siapkan media tanam yang berupa tanah yang subur dan pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1 dan isi setiap pot dengan tanah dan campuran pupuk tersebut sampai penuh.

3. penyemaian bibit kunyit

penyemaian bibit kunyit dapat kita lakukan ketika tunas kunyit sudah tumbuh kira - kira 3 cm lalu potong rimpang kunyit dan tanam dengan kedalaman sekitar 5 sampai 8 cm dalam pot lalu tutup dengan tanah dan jangan lupa untuk disiram.

4. perawatan

tahap selanjutnya adalah perawatan untuk tanaman kunyit. perawatannya cukup mudah yaitu dengan menyiramnya dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. dan perhatikan juga dari gulma dan penyakit yang dapat menghambat perkenbangan kunyit.

cukup mudah bukan sobat dalam menanam si kuning yang bermanfaat ini. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita sermua... amiiin.

good luck

0 Response to "tips mudah menanam kunyit sendiri dalam pot"

Post a Comment