tips budidaya ikan lele dengan mudah menggunakan media kolam terpal

tips budidaya ikan lele dengan mudah menggunakan media kolam terpal
tips budidaya ikan lele dengan mudah menggunakan media kolam terpal
selamat malam jumpa lagi dengan saya. sekarang kita akan belajar gimana cara budidaya ikan lele dengan mudah menggunakan media terpal. ya kebanyakan orang sih menggunakan tanah atau kolam. caranya cukup mudah. ok langsung saja kita belajar sobat.

sebelum lmelakukan budidaya ikan lele kita harus menyiapkan bahan - bahannya dan bibit ikan lele terlebih dahulu . aabahan yang kita siapkan adalah terpal. dan teknik budidaya ikan lele.. teknik budidaya ikan lele ini menurut saya ada 2 yaitu teknik budidaya anakan yang kalau sudah mencapai umur tertentu kita jual anakan tersebut dan teknik budidaya ikan lele konsumsi yang kita jual pada usia tertentu untuk dijadikan konsumsi. namun disini saya menggunakan teknik budidaya ikan lele anakan yang dijual untuk dijadikan bibit.

1. Terpal

hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih terpal yang tebal dan kuat . dalam pemilihan terpal ini bisa dikatakan sulit karna ada pula terpal yang tebal namun deangan kualitas yang rendah. namun apa yang terjadi terpal tersebut mudah robek.

2. Pemilihan bibit ikan lele

dalam memilih bibit ikan lele kita harus teliti terkadang ada bibit ikan lele yang terkena penyakit dan berjamur.

3. Media budidaya

disini kita menggunakan terpal sebagai media budidaya ikan lele. selanjutnya kita membuat kerangka kolam menggunakan bambu. saya sarankan untuk membuat kerangka kolam dengan kuat dan kokoh agar nanti tidak goyah dan roboh saat diberi air yang banyak... lalu taruh terpal diatasnya dan ikan dengan kuat. lalu masukkan air kedalam kolam terpal tersebut.

4. Perawatan ikan lele

setelah kolam terpal siap kita masukkan bibit ikan lele sekitar 200 ekor untuk setiap kolam. dan beri makan ikan lele pelet sehari dua kali . perlu diperhatikan soal makanan ikan lele harus benar - benar cukup, ini dikarenakan ikan lele bila lapar akan memakan kawannya sendiri.

5. Pemanenan

unutk pemanenan ikan lele bisa kita panen pada usia ikan lele 1-2 bulan untuk metode pembudidaya bibit ikan lele.... sedangkan untuk ikan lele konsumsi kita bisa panen pada ikan saat ikan lele berusia 4 bulan.

cukup mudah bukan sobat dalam melakukan budidaya ikan lele menggunakan terpal ini. ok sekian dari saya semoga bermanfaat

good luck

0 Response to "tips budidaya ikan lele dengan mudah menggunakan media kolam terpal"

Post a Comment